Reuni Akbar 212 Lakukan Lagi Aksi Simpatik, Kumpulkan Sampah

Karung sampah yang dikumpulkan massa Reuni Akbar 212 di halaman Monas, Ahad 2 Desember 2018. Tempo/M Yusuf Manurung
Jakarta,(BMNNews.com) –  Aksi simpatik dengan mengumpulkan sampah kembali dilakukan ribuan peserta Reuni Akbar 212  seusai acara yang berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta pada Minggu siang, 2 Desember 2018.
Mereka meletakkan sampah yang dibawa ke dalam kantong plastik berwarna hitam yang sudah disiapkan panitia.  Selain itu juga memungut sampah yang masih berserakan.
Petugas kebersihan dari Unit Pengelolaan Teknis (UPT) Monas, Hendro mengaku pekerjaannya menjadi lebih mudah karena peserta Reuni Akbar 212 telah mengumpulkan sampahnya sendiri.
"Alhamdulillah yang besar dan kasar udah dikumpulin, kita tinggal sapu yang kecil-kecil saja," kata Hendro yang bertugas di pintu keluar arah Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Ahad, 2 Desember 2018.
Sampah yang masih berserakan di halaman Monas di antaranya sedotan plastik air minum, puntung rokok dan sobekan kertas. Sedangkan kardus-kardus minuman dan bungkus makanan kebanyakan sudah dimasukkan ke dalam kantong sampah.
"Sejak awal massa Reuni Akbar 212 memang punya relawan sampah," kata Hendro.
Hendro mengatakan, petugas kebersihan UPK Monas yang bekerja hari ini berjumlah 31 orang. Walau telah dikumpulkan, ujar dia, petugas masih butuh banyak waktu untuk mengangkut dan membuangnya sampah dari Monas.
"Kan keliling, jam enam nanti juga belum tentu kelar," katanya.
Peserta Reuni Akbar 212 telah membubarkan diri sejak pukul 11.30. Tidak lama kemudian, petugas kebersihan UPK Monas langsung menyapu dan membersihkan sampah. Setengah jam kemudian, road sweeper atau mobil penyapu jalan milik Dinas Lingkungan Hidup DKI mulai dioperasikan.
Pada acara Aksi Bela Islam Jilid III, 2 Desember 2016,  para peserta juga mengumpulkan sampah yang mereka bawa ke sejumlah lokasi yang sudah disiapkan panitia.  
Selain menjaga kebersihan, mereka juga tidak menginjak rumput dan tanaman di Lapangan Monas.  Tindakan itu mendapat pujian dari pengelola kawasan Monas.
Setahun berikutnya, ketika digelar acara Reuni 212,  pada 2 Desember 2017,  para peserta menjaga kebersihan kawasan Monas dengan mengumpulkan sampah dan menjaga tanamannya.
Kini, aksi simpatik dilakukan peserta Reuni Akbar 212 yang berlangsung pagi hingga siang, Minggu 2 Desember 2018.


Reporter: 
Editor: 

Aisha Shaidra

Reuni Akbar 212 Lakukan Lagi Aksi Simpatik, Kumpulkan Sampah Reuni Akbar 212 Lakukan Lagi Aksi Simpatik, Kumpulkan Sampah Reviewed by Editor Basis Media Nasional on December 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.