Wakil Ketua DPR : Gempa NTB dan Sulteng Harus Jadi Bencana Nasional, Bantuan 50jt Yang Dijanjikan Presiden Tidak Bisa Cair


Basis Media Nasional (BMNNews) - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah segera menetapkan gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah sebagai bencana nasional. Status yang sama juga diminta Fadli untuk bencana di Lombok, NTB.


"Sulteng dan NTB harus jadi bencana nasional karena pemerintah nggak mampu dalam satu komplek emergency, pemerintah nggak mampu," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/10/2018).


Menurut dia, pemerintah tak mampu menangani situasi bencana. Fadli kemudian menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Lombok Utara.


"Saya baru kembali dari Lombok Utara, sudah dua bulan lebih pengungsi nggak dapatkan bantuan memadai dan sudah ada demo di sana. Bantuan Rp 50 juta yang dijanjikan itu tidak bisa dicairkan, padahal presiden bilang bisa dicairkan esok harinya. Kemudian banyak kelambatan dan ini terjadi stagnasi dalam penyelesaian," sebutnya.


Soal bencana di Palu dan Donggala, Fadli meminta agar pemerintah mau membuka diri terhadap bantuan dari negara asing. Dia menyebut pertolongan terhadap korban harus menjadi prioritas.


"Apalagi di Palu dan Donggala banyak korban yang terimpit puing-puing, sehingga buka diri pada dunia internasional karena kita nggak mampu dan biasa kalau ada bencana dapat uluran bantuan internasional. Jadi nggak usah sok-sokan dan kita biasa bantu negara lain," ujar Fadli. (tsa/idh)



Sumber : detik.com
Wakil Ketua DPR : Gempa NTB dan Sulteng Harus Jadi Bencana Nasional, Bantuan 50jt Yang Dijanjikan Presiden Tidak Bisa Cair Wakil Ketua DPR : Gempa NTB dan Sulteng Harus Jadi Bencana Nasional, Bantuan 50jt Yang Dijanjikan Presiden Tidak Bisa Cair Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.