Serunya Manasik Haji Cilik di Masjid Al Akbar Surabaya

Peserta Manasik Haji Cilik RA "Darul Rahman" Jl.Bulak Jaya 9/27, Surabaya


Basis Media Nasional (BMNNews) - Gemah takbir haji atau talbiyah bergemuruh di Masjid Al Akbar Surabaya, Rabu (3/10/2018) pagi hari ini.


Ribuan anak-anak usia empat sampai lima tahun, dengan lancar melafadzkannya.


"Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika laa syariika laka labbaik, Innal hamda wan-ni’mata laka walmulka laa syariika laka"


Total 6.000 siswa playgroup ini sedang mengikuti acara Manasik Haji Kecil yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Roudhotul Athfal (IGRA) Surabaya.


Acara tahunan yang selalu diselenggarakan di Masjid Al Akbar Surabaya ini, merupakan menjadi momen penting khususnya untuk menanamkan rukun Islam yang ke lima, yaitu menunaikan haji.

Siswa dan Siswi RA "Darul Rahman" Bersiap Mengikuti Pelatihan Manasik Haji


Kepala Kementerian Agama Kota Surabaya, KH husnul Maram dalam pidato pembukaan manasik haji kecil, menyampaikan pentingnya kegiatan pembelajaran ini.


"Manasik haji kecil adalah wadah untuk membina anak-anak, sekaligus menanamkan pengertian rukun Islam. Pembelajaran prosesi ibadah haji di dalam rukun Islam akan memunculkan rasa cinta anak kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad," pesannya, Rabu (3/10/2018).


Sukesi, Ketua Umum Ikatan Guru Roudhotul Atfal (IGRA) menambahkan setiap tahun jumlah peserta manasik haji cilik terus bertambah. Penambahan jumlah ini dirasa baik, karena kemauan para orangtua dalam mendidik anak pun berarti bertambah.


"Kam pun juga harus semakin siap jika ada penambahan jumlah seperti tahun ini," katanya.


Sebanyak 6.000 peserta berasal dari 172 lembaga Raudhotul Athfal (RA) se Surabaya.
Para jamaah haji cilik mengikuti setiap proses manasik haji dengan tertib. Pertama datang, siswa dan guru melakukan registrasi terlebih dahulu dan mendapatkan kartu identitas.


Kemudian mereka berkumpul di padang Arafah sambil terus membaca talbiyah. Prosesi berikutnya anak-anak mendengarkan khutbah, wukuf, dan sholat sunnab 2 rokaat.


Panitia lalu memanggil secara bergilir sesuai kloter, perjalanan berlanjut ke Mina dan mengambil batu yang kali ini diganti dengan jagung sebanyak tiga butir.


Mereka berbaris dan berjalan kembali, lalu bergenti sesaat melempar jumrh di tiga kali, yaitu melempar jumrah Ula, Wusqo, dan Aqobah sambil membaca 'Bismillahi Allahu Akbar'.


Usai melempar jumrah anak-anak kemudian berjalam menuju masjidil Haram, sambil membaca doa masuk masjid.


Siswa dan Siswi RA "Darul Rahman" Bersiap Mengikuti Pelatihan Manasik Haji


"Usai di masjidil haram berikutnya tawaf, lalu sholat di makam Ibrahim, berikutnya sya'i dari bukit Shafa ke Marwah dan minum air zam-zam. Terakhir sekali tahalul dan mengambi souvenir," tutup Sukesi, perempuan yang juga guru Roudhotul Athfal ini.


Masjid Al Akbar menjadi pilihan lantaran menurut Sukesi tempanya cukup kondusif dan orangtua tidak bisa masuk ke dalam.


"Orangtua tidak langsung masuk menemui anak-anak, jadi lebih maksimal," tutupnya. 






Sumber : tribunnews.com
Serunya Manasik Haji Cilik di Masjid Al Akbar Surabaya Serunya Manasik Haji Cilik di Masjid Al Akbar Surabaya Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 03, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.