Remaja Harus Tegas Menolak Narkoba



Basis Media Nasional (BMNNews) - Remaja saat ini harus mampu menolong temannya dalam hal positif salah satunya mengingatkan teman sebaya untuk menghindari pemakaian narkoba dan menkonsumsi minuman beralkohol. 

Remaja yang pintar adalah remaja yang mampu menunjukkan sikap penolakannya terhadap penggunaan obat terlarang dan sejenisnya.

Hal itu diungkapkan oleh Nurhani, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Gresik dalam talk show bertema “Remaja sehat Berprestasi, Bebas Napza & Merokok” yang digelar oleh mahasiswa Universitas Gresik yang sedang melaksanakan praktek komunitas di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, Rabu (3/10/2018).

Dikatakan penolakan awal yang bisa dilakukan adalah menjauhkan diri dari mereka yang memakai apabila ajakannya sulit untuk bisa menolak tawaran. Sikap menolak yang lain adalah agar ia ngga ikut-ikutan menikmati barang itu, meskipun sehari-hari tetap bergaul biasa dengan mereka.

"Tak perlu sungkan untuk bilang tidak saat ditawari narkoba maupun minuman beralkohol," beber Hani dihadapan para siswa.

Hani juga berpesan ketika ada warga yang menemukan pemakaian narkoba dilingkungan mereka, maka tak perlu takut melaporkannya. Sebab BNN juga menjaga kerahasian si pemberi informasi.

Orangtua juga berperan penting dalam menjauhkan anaknya dari barang harus itu, salah upayanya bisa dengan memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba. Menakuti anak dengan bahaya narkoba juga perlu tapi jangan terlalu intens karena ini hanya digunakan agar sang anak berpikir dua kali untuk mengulangi perbuatan kejinya.

"Cara terbaik adalah menunjukan anak hal-hal positif yang dicerminkan melalui perilaku orangtua. Ajak anak berbicara, mengobrol, mempelajari sesuatu, bersenda gurau, sajikan makanan kesukaannya, ceritakan masa lalu menyenangkan pertama kali jatuh cinta dan lainnya.  Buatlah dirinya sadar bahwa kedua orangtua menganggap keberadaan anak sangat berarti dan tidak mau kehilangannya," tandas Hani.[rea/ted]

Remaja Harus Tegas Menolak Narkoba Remaja Harus Tegas Menolak Narkoba Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.