PMI Akan Terus Menerus Menyalurkan Bantuan Makanan Siap Saji



Basis Media Nasional (BMNNews) - Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menyalurkan bantuan makanan kepada pengungsi yang berada di ketiga wilayah tersebut. Bantuan berupa makanan siap saji, yakni telur asin dan roti, Rabu (3/10).

Bahan makanan tersebut didatangkan langsung dari Makassar, menggunakan pesawat Hercules TNI-AU. Sesuai perintah ketua umum PMI Pusat yaitu Jusuf Kalla, pabrik roti yang ada di Makassar agar produksinya dibeli semua untuk dikirim ke lokasi bencana.

Dalam pembelian bahan makanan tersebut PMI bekerja sama dengan Kalla Grup. Setibanya di Bandara Mutiara Palu, seluruh makanan siap saji tersebut langsung dipindahkan ke Helikopter untuk disalurkan melalui udara ke lokasi yang sangat sulit dijangkau oleh transportasi darat.

Ada 2 titik Medan nya sangat sulit di jangkau melalui jalur darat yaitu Kulawi yang terletak pada lokasi ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut dan lambara di pesisir barat Kabupaten Donggala
PMI juga dibantu TNI-AD, menggunakan Heli M-17 Puspenerbad dan Jhonlin Air Transport menggunakan Heli Bell 429 untuk digunakan mendropping makanan siap saji tersebut.

Melalui rilis Humas PMI, masyarakat di kedua tempat tersebut, sangat bersyukur atas pengiriman makanan siap saji bantuan PMI tersebut. Sebab mereka sudah beberapa hari belum bisa memasak dikarenakan sejumlah peralatan rumahnya ikut rusak akibat gempa yang disertai longsoran lumpur.

Seusai mendropping makanan, PMI bekerjasama dengan TNI-AD mengevakuasi 8 pasien luka patah tulang akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya. Pasien tersebut diangkut menggunakan helikopter MI-17 Puspenerbad.

Setibanya di Bandara Mutiara Palu, seluruh pasien luka tersebut langsung dirujuk kerumah sakit yang ada di Kota Palu.

Menurut rencana pendistribusian makanan siap saji menggunakan helikopter masih akan dilanjutkan Berdasarkan pengalaman menangani tsunami aceh 2004, gempa Jogya dan Jateng 2006, erupsi Gunung Merapi 2010, pendistribusian makanan siap saji berupa roti dan telur asin dinilai paling efektif. Untuk para Pengungsi biasanya mengalami kesulitan dalam hal makanan. (lik)
PMI Akan Terus Menerus Menyalurkan Bantuan Makanan Siap Saji PMI Akan Terus Menerus Menyalurkan Bantuan Makanan Siap Saji Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 05, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.