Penguatan Pengawasan Kosmetik Pada Media Promosi Lokal Sulawesi Utara



Basis Media Nasional (BMNNews) - Pengawasan Obat dan Makanan merupakan mandat yang diberikan kepada Badan POM termasuk pengawasan label dan iklan Obat dan Makanan.


Secara umum pengawasan iklan Obat dan Makanan terdiri dari dua tahap, yaitu pengawasan pre market (sebelum beredar) dan post market (setelah beredar).


Namun demikian komoditas kosmetik dan pangan tidak dilakukan pengawasan pre market dengan tujuan untuk mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan izin edar produk kosmetik dan pangan.


Oleh sebab itu pengawasan iklan kosmetik dan pangan lebih dititikberatkan pada pengawasan post market.


Sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dan memperkuat pengawasan pada media penyiaran lokal, Balai Besar POM di Manado bekerjasama dengan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM RI melaksanakan kegiatan. “Forum Interaktif Pengawasan Obat dan Makanan pada Media Promosi Lokal” pada hari Rabu Tanggal 10 Oktober 2018 di Hotel Aryaduta Manado. 


Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O.E Kandouw.
Dalam dialog interaktif juga diperagakan mengenai cara cek produk terdaftar melalui aplikasi “Cek BPOM” yang  dibawakan oleh Putri Indonesia asal Sulawesi Utara Stefany Carolin Ticoalu dan dimanfaatkan oleh peserta untuk dengan mudah mengetahui secara langsung ijin edar produk kosmetik yang mereka bawa untuk melindungi diri dari peredaran produk kosmetik di pasaran.


Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara Balai Besar POM di Manado dengan KPID Sulawesi Utara sehingga diharapkan kegiatan pengawasan dan tindak lanjut hasil pengawasan iklan Obat dan Makanan (baik nasional, maupun lokal) semakin kuat dan efektif seiring dengan penguatan koordinasi antara BBPOM di Manado dengan KPID dalam melaksanakan tindak lanjut pengawasan isi siaran iklam Obat dan Makanan pada media penyiaran lokal.



BALAI BESAR POM DI MANADO
Penguatan Pengawasan Kosmetik Pada Media Promosi Lokal Sulawesi Utara Penguatan Pengawasan Kosmetik Pada Media Promosi Lokal Sulawesi Utara Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.