KH.Saiful Maslul Sosok Kyai Kharismatik Rapa Laok Sampang



Basis Media Nasional (BMNNews) - Saiful Maslul seorang kyai kharismatik yang lahir 44 tahun silam di Desa Tengginah, Kecamatan proppo, Kabupaten Pamekasan.


Guru sekaligus pengasuh pondok pesantren Darut tauhid. Beliau merupakan anak tertua dari pasangan kyai Zaid bin Sholeh bin Abdul Kabir dan nyai Lukluk binti Sonhaji bin Abdul Kabir. Abuya Maslul begitulah santri memanggilnya, merupakan kyai yang cerdas, ramah dan mampu membawa suasana ruangan kelas menjadi kondusif.


Abuya Maslul mempunyai keinginan yg besar ketika Masih kecil yaitu mendirikan pondok pesantren, meski keinginan tersebut dirasa tidak mungkin, bagaimana tidak, beliau kesehariannya hidup sederhana, hari harinya di lewati hanya bermain ke sawah, sungai hingga berburu jangkrik.


Suatu ketika ada seorang ulama yg terkenal bahkan mendunia yang datang ke rumah tempat kyai Maslul muda dilahirkan, Yaitu, Prof. Dr. Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani dan mengajak kyai Maslul muda menuntut ilmu di pondok beliau (Mekkah) tepatnya saat kyai maslul berusia 18 tahun.


Di pondok kyai Maslul begitu semangat Dalam menuntut ilmu dan sangat dekat dengan guru beliau saking dekatnya beliau di angkat oleh Abuya Sayyid (kyai memanggilnya) menjadi Muqsid (penyanyi qosidah).


Hingga hari harinya biasa dilalui dengan menyanyikan lagu lagu qosidah untuk menghibur Abuya Sayyid, hingga kebiasaan tersebut terus tersalurkan hingga sekarang, bahkan hingga pernah diundang masyarakat sampai keluar negeri singapore.


Pada tahun 1994 kyai Maslul pulang dari pondok, setibanya di Indonesia beliau mempersunting seorang wanita yang bernama Yaqut binti Dzakir bin Sholeh yang tak lain merupakan sepupu kyai Maslul dari abahnya.


Dari pernikahannya dikaruniai enam buah hati yang bernama,  pertama Hamzah, kedua Fatimah, ketiga Aisyah, keempat Burhanus Salim, kelima Toyyibatul Faiha', dan si bungsu Sifau'ul Fuad.


Dalam kesehariannya beliau mengajar di madrasah yang beliau rintis bersama keluarga kecilnya. Hingga suatu ketika beliau pindah rumah tepatnya di sebelah barat rumah mertuanya, di Desa Rapa Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.


Disanalah Kyai Maslul mendirikan pondok, keinginan besar saat masih kecil itu tepatnya pada tahun 2000 yang hanya memiliki dua santri. Pada tahun ke tiga bertambah menjadi delapan dan terus bertambah hingga sekarang tahun 2018 ratusan santri putra putri.


Kyai Maslul menyadari itu semua tak lepas dari barokah dan karomah guru beliau. "sebenarnya saya ini tidak bisa apa apa, berkat Abuya sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasanilah saya dapat ilmunya, berkat barokah dan doanya saya bisa membangun pondok sampai sekarang bahkan kami baru saja membeli tanah seharga kurang lebih 200an jt yg diperoleh dari sumbangan warga dan juga uang pribadi," Tandasnya. (dus)

editor : M.Atik
KH.Saiful Maslul Sosok Kyai Kharismatik Rapa Laok Sampang KH.Saiful Maslul Sosok Kyai Kharismatik Rapa Laok Sampang Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.