Jalin Ukhuwah Dan Tinggalkan Kebiasaan Mencaci Maki



Jalin Ukhuwah Dan Tinggalkan Kebiasaan Mencaci Maki

Basis Media Nasional (BMNNews) - Menjalin hubungan persaudaraan merupakan salah satu inti ajaran islam, karena hal tersebut juga merupakan manivestasi terealisasinya rahmatan lil alamin.


Namun, lagi-lagi karena faktor kurangnya pertimbangan dan cenderung menuruti hawa nafsu, kita masih saja rentan mencari-cari kesalahan orang lain yang pada akhirnya berdampak pada caci maki, pecah belah dan terjadinya permusuhan antar sesama muslim.


Padahal jika kita mau menyadari, hal tersebut sangat bertentangan dengan esensi ajaran islam, dan Kanjeng Rasul pun sangat melarangnya, sebagaimana dawuh beliau :


*لاتباغضوا ولاتحاسدوا ولاتدابروا ولاتقاطعوا، كونوا عبادالله اخوانا، ولايحل لمسلم ان يهجراخاه فوق ثلاث* (متفق عليه)


"Janganlah saling membenci, saling menghasud, saling membelakangi, dan saling memutuskan silaturrahmi. Tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara, Seorang muslim tidak boleh mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari"


Berhasilnya kita mencari-cari kejelekan saudara kita sesama muslim kemudian mengungkapkannya kepada orang lain, sedikit pun tidak akan menguntungkan kita, justru malah sebaliknya.


Hendaknya kita juga harus sadar bahwa sekecil apapun bentuk perbuatan yang kita lakukan, semuanya akan dipertanggung jawabkan dan juga akan mendapatkan balasan yang setimpal. Sebagaimana dawuh Allah :


*فمن يعمل مثقال ذرةخيرا يراه. ومن يعمل مثقال ذرة شرا يره*


"Maka barang siapa yang mengerjakan seberat dzarrah (atau seberat semut yang paling kecil) kebaikan, niscaya dia akan melihatnya (akan merasakan balasannya), dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihatnya pula".
  

 اللهم اعناعلى ذكرك وشكرك وحسن عبادتك
              اللهم صل على سيدنامحمد
Jalin Ukhuwah Dan Tinggalkan Kebiasaan Mencaci Maki Jalin Ukhuwah Dan Tinggalkan Kebiasaan Mencaci Maki Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.