1.200 CCTV di Surabaya Bakal Bisa Deteksi Wajah, Apa Untungnya?



Basis Media Nasional (BMNNews) - Usai melengkapi infrastruktur dengan kamera tilang, Wali Kota Tri Rismaharini akan menambah fitur face recognition atau pendeteksi wajah di seluruh CCTV yang ada di Kota Pahlawan.


Ide kamera pendeteksi wajah ini muncul usai Risma menjadi salah satu pembicara di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beberapa waktu lalu.


"Saat itu saya sedang di Singapura. Banyak kamera dan beberapa mengikuti lalu saya tanya ternyata itu kamera pendeteksi wajah. Kemudian saat di New York, saya minta supaya dibuatkan," kata Risma kepada detikcom di ruang kerjanya, Selasa (9/10/2018).


Risma juga merasa software seperti ini penting mengingat terjadinya bom meledak di 3 gereja serta penangkapan terduga teroris di Surabaya beberapa waktu lalu.


Namun untuk menghemat pengeluaran, Risma hanya meminta dikembangkan software face recognition atau pendeteksi wajah. Kebetulan Kota Surabaya sebenarnya telah memiliki 16 unit CCTV yang telah dilengkapi software seperti ini.


Kamera-kamera ini terpasang di Terminal Purabaya. "Tapi belum terkoneksi dengan kamera lain yang memang kualitasnya masih belum bisa mengenal wajah. Cuma bisa memantau," ungkapnya.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahjudrajat menambahkan, saat ini Surabaya memiliki 1.200 kamera CCTV yang tersebar di seluruh penjuru kota.


"Semua terpasang di ruas jalan serta obyek vital maupun fasilitas umum seperti taman," ujarnya.


Terkait rencana yang diinisiasi Risma, Irvan mengaku sudah menganggarkan peremajaan CCTV agar bisa terkoneksi dengan software pengenal wajah.


"Beberapa kamera sudah kita ganti dan secara bertahap kita juga akan tambah server untuk menunjang kamera pengenal wajah," tambahnya. (lll/lll)



Sumber : detik.com
1.200 CCTV di Surabaya Bakal Bisa Deteksi Wajah, Apa Untungnya? 1.200 CCTV di Surabaya Bakal Bisa Deteksi Wajah, Apa Untungnya? Reviewed by Editor Basis Media Nasional on October 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.