Tim Gerak Cepat Penanggulangan KLB Keracunan Pangan di Kabupaten Alor Siap Beraksi



Basis Media Nasional (BMNNews) - Mengingat pentingnya peningkatan Tim Gerak Cepat Penanggulangan KLB Keracunan Pangan, terutama untuk meningkatkan kapasitas dalam penyelidikan epidemiologi dan pengambilan contoh pangan penyebab KLB Keracunan Pangan. 


Maka Balai POM di Kupang mengundang 20 orang tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan, rumah sakit, puskesmas untuk mengikuti kegiatan Koordinasi Teknis Penanggulangan dan Penyusunan Profil KLB Keracunan Pangan di Kabupaten Alor.


Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 20 September 2018, di Kalabahi, Kabupaten Alor. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Alor (Reny Moara).


Narasumber pada kegiatan tersebut adalah: Kepala Balai POM di Kupang (Drs. I Made Bagus Gerametta, Apt.) memberikan materi Mekanisme Penanggulangan KLB Keracunan Pangan di Indonesia, Investigasi KLB Keracunan Pangan, dan Petunjuk Pengambilan Contoh Pangan Penyebab KLB Keracunan Pangan.


Narasumber lainnya adalah: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Alor (Dominggus Praakameng, SKM) menyampaikan materi Profil KLB Pangan Kabupaten Alor.


Peserta sangat puas dan antusias kegiatan tersebut karena memperoleh informasi berharga mengenai penanganan yang tepat saat terjadi KLB Keracunan Pangan. Baik Dinas Kesehatan maupun Puskemas/Rumah Sakit sesuai dengan tugas dan pokoknya masing-masing diharapkan memahami langkah apa yang harus dilakukan jika nantinya terjadi KLB Keracunan Pangan.


Semoga pengetahuan yang diterima dapat disebarkan kepada tenaga kesehatan lainnya di Dinas Kesehatan, rumah sakit maupun puskesmas sehingga dapat cepat tanggap menanggulangi KLB keracunan pangan.




Balai POM di Kupang
Tim Gerak Cepat Penanggulangan KLB Keracunan Pangan di Kabupaten Alor Siap Beraksi Tim Gerak Cepat Penanggulangan KLB Keracunan Pangan di Kabupaten Alor Siap Beraksi Reviewed by Editor Basis Media Nasional on September 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.