Peningkatan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) BBPOM di Jakarta




Basis Media Nasional (BMNNews) - Sumber Daya Manusia merupakan asset utama dalam suatu organisasi. Salah satu risiko terbesar yang mengancam keselamatan dan kesehatan kerja SDM pada kegiatan  business process di BBPOM di Jakarta adalah pengujian Obat dan Makanan di laboratorium kimia dan mikrobiologi.


BBPOM di Jakarta memahami pentingnya perlindungan terhadap seluruh pegawai ASN dan non ASN dan secara konsisten menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.


Berbagai cara dilakukan untuk mengendalikan resiko  K3 diantaranya adalah rekayasa teknis dengan menggunakan alat laboratorium seperti lemari asam (fumehood), laminar airflow dan biosafety cabinet.


Penggunaan peralatan ini secara konsisten, akan secara signifikan mengurangi bahaya pencemaran udara di laboratorium serta menurunkan Nilai Ambang Batas Faktor Kimia dan Fisika yang telah ditetapkan sesuai Permenakertrans No 13/MEN/X/2013.


Kepala BBPOM di Jakarta, Sukriadi Darma, S.Si., Apt mendukung penuh implementasi K3 di BBPOM di Jakarta diantaranya dengan membuka secara resmi kegiatan workshop peningkatan SMK3 dengan tema “How to work Safely with your Fumehood, Laminar Airflow and Biosafety Cabinet (BSC)”.


Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 September 2018 di Ruang rapat BBPOM di Jakarta dengan narasumber Lead Engineer PT Esco Indonesia, Bapak Abriyadi Dipl.,Eng. Workshop dihadiri oleh pejabat struktural serta staf bidang pengujian BBPOM di Jakarta.


Workshop berjalan dengan menarik dan interaktif dengan materi yang sesuai dengan kondisi laboratorium di BBPOM di Jakarta.


Narasumber menjelaskan pentingnya fumehood, laminar airflow dan BSC untuk menghindarkan penguji dari bahaya  yang mengancam keselamatan dan kesehatan.
Selain itu, dijelaskan pula penggunaan dan perawatan alat agar alat dapat berfungsi optimal dan memperpanjang usia alat.


Workshop  ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran penguji akan pentingnya K3 di laboratorium agar penguji selalu sehat dan selamat sehingga dapat meberikan hasil uji yang valid untuk melindungi masyarakat dari Obat dan Makanan yang berbahaya bagi kesehatan.



sumber : www.pom.go.id

Peningkatan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) BBPOM di Jakarta Peningkatan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) BBPOM di Jakarta   Reviewed by Editor Basis Media Nasional on September 16, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.