Arti Syiar Dalam Islam


Basis Media Nasional (BMNNews) - Syiar itu apa? Syiar merupakan tindakan atau upaya untuk menyampaikan dan memperkenalkan berbagai hal dalam islam. Syiar bisa lewat tauladan, tauziah, dakwah, kesenian atau semacam gabungannya. Syiar berasal dari kata syu'ur yang bermakna rasa.


Syiar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah terdiri 2 kata Syi dan Ar, Ar n berarti kemulian atau kebesaran. Syiar bisa diartikan juga menyampaikan kabar berita kepada orang-orang yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.


Sebagai umat islam dimana Syiar itu penting!!! Dalam kehidupan manusia terdapat banyak peninggalan bersejarah yang monumental dan mengandung nilai arti yang tinggi. Peninggalan semacam ini biasanya dijaga dan dipelihara sebagai "PERINGATAN" agar manusia dapat mengambil pelajaran. Seperti dalam kitab Qur'an (QS Al Dzariyat [51]:55)"Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman".


Syiar diagungkan sebagai manifestasi bentuk rasa takwa, seperti dikatakan dalam firman-Nya: "Demikianlah (perintah Allah) barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati"(QS Al Hajj [22]:32)


Demikian sekilas tentang Syiar itu apa, sebagaimana sudah dijelaskan dalam firman Allah SWT tersebut diatas. Semoga pemahaman kita selalu terjaga.
Arti Syiar Dalam Islam Arti Syiar Dalam Islam Reviewed by Editor Basis Media Nasional on September 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.